-->
  • Sejarah & Terciptanya Bitcoin

    Sejarah Bitcoin dimulai saat salah satu cryptocurrency (mata uang virtual) diciptakan oleh Satoshi Nakamoto (bukan nama asli) pada tahun 2009, sekaligus menjadi pelopor penggunaan teknologi blockchain pertama kali, serta penciptaan kode unik catatan transaksi yang bersifat kekal. Artinya seluruh histori transaksi yang sudah tercatat pada Ledger Blockchain (buku besar blockchain) tidak bisa diubah sama sekali oleh siapa pun di dunia ini.

    Bitcoin adalah mata uang seperti halnya Dollar, Pound sterling, dan lain-lain. Namun bitcoin bersifat digital serta mempunyai enkripsi data yang sangat kuat. Selain itu, bitcoin merupakan mata uang pertama yang tidak bisa dikontrol nilainya oleh institusi, pemerintah, perusahaan, bahkan pencipta koin tersebut sekalipun. Desain bitcoin merupakan teknologi transaksi peer to peer dimana transaksi tidak membutuhkan pihak ketiga yang selalu mengambil keuntungan. Mata uang kripto ini juga bersifat desentralisasi, artinya tidak berpusat pada satu administrator tunggal sehingga seluruh transaksi dalam buku besar blockchain bisa dikelola oleh semua pengguna bitcoin di dunia.

    Bitcoin mempunyai beberapa keunggulan utama, yaitu:
    1. Transparansi / Kejujuran. Semua pengguna Bitcoin dapat melihat histori transaksi yang sudah dilakukan, sehingga kroscek data transaksi dapat dilakukan kapan pun.
    2. Efektifitas Transfer. Kita bisa mengirim Bitcoin kemana saja di dunia ini dalam hitungan detik. Kemudian biaya transfer yang dikenakan hanya sekitar Rp. 500 – 3,000 per transaksi, tidak peduli berapapun jumlah uang yang dikirimkan.
    3. Keamanan. Ledger Bitcoin sangat terbuka untuk umum sehingga pemalsuan transaksi tidak mungkin dilakukan. Seluruh transaksi yang terjadi, tercatat secara transparan dan tersebar ke jutaan pengguna Bitcoin di dunia ini.
    4. Jumlah yang terbatas. Pada saat Bitcoin diciptakan, Satoshi Nakamoto sudah mengungkapkan bahwa hanya akan ada 21 Juta Keping Bitcoin di seluruh dunia. Dengan suplai terbatas, harga Bitcoin akan cenderung naik.
    Sumber klik disini

    TouchconID
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Featured Post

Touchcon Giveaway Vol 2 Begins

Setelah sukses mengakhiri 2018 dengan Touchcon's Christmas Giveaway, kali ini Touchcon kembali mengadakan giveaway dengan tajuk To...

Search This Blog